Model Kitchen set

Advertisment

Model kitchen set - Bila Anda berencana membuat model kitchen set untuk keerluan dapur rumah anda? Ada bermacam hal yang harus Anda fahami sebelum mengambil keputusan tersebut, baik saat memilih bahan material, maupun tukang dalam pengerjaan hingga menentukan model atau desain kitchen set.

Faktor-faktor yang musti Anda perhatikan saat membuat model atau mendesain kitchen set, agar supaya terlihat cocok dan menawan sehingga anda akan betah berlama lama di dalam dapur.

1. Perhitungkan Areal Luas Dapur
Hal yang paling peling saat membuat Model kitchen set , pertama harus Anda perhatikan adalah luas tempat di mana Anda akan menempatkan kitchen set. Dengan memperhitungkan luas dapur, Anda bisa mengetahui apa saja yang penting dan tidak erlalu penting untuk ada di kitchen set. Contohnya jika Anda tinggal di apartemen, space dapur biasanya tidak terlalu luas sehingga Anda harus menentukan skala prioritas. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya dahulukan kelengkapan utama seperti kabinet atas (untuk menyimpan piring, gelas, pisau, dan peralatan kecil lainnya), kabinet bawah (menaruh panci, penggorengan, dan alat masak besar lainnya), penghisap asap, kompor gas dan tempat pencuci piring. Pengukuran sangat penting, jangan sampai panci besar Anda tidak muat dalam kabinet karena salah mengukurnya.

2. Material Dasar
Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan sebagai bahanl dasar pembuatan kitchen set pada dapur. mulai dari tripex/ plywood, MDF, particle board dan block board. bahan-bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat saat pemasangan sekrup. Anda juga bisa memakai kayu solid seperti jati atau meranti, tapi akan memakan biaya yang jauh lebih mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda minim.

3. Material untuk Finishing
Selain membuat desain kitchen set jadi lebih menawan, finishing juga juga dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan sehingga lebih tahan lama. Material untuk finishing ada berbagai macam, misalnya deco sheet, HPL, melamic dan duco. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Deco sheet merupakan pelapis tempel dengan bahan elastis dan tipis, biasanya memiliki motif urat kayu. Ini merupakan material paling ideal untuk kitchen set dapur bersih yang jarang digunakan untuk memasak makanan berat. Bahannya fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk kitchen set dan tidak mudah terkelupas. tetapi karena bahannya tipis, decosheet tidak tahan terhadap panas dan minyak, jadi lebih cocok sebagai pelapis kabinet atas.

HPL atau high pressure laminate ialah bahan plastik tipis. Cara pemasangannya lebih kurang sama dengan deco sheet, yaitu dengan direkatkan menggunakan lem tapi bahannya lebih tebal. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

Melamin merupakan finishing berbentuk cairan yang disemprot sebagai pelapis luar furnitur. Jenis finishing ini memerlukan perawatan ekstra, jangan sampai permukaannya basah atau jarang dibersihkan karena bisa jadi tempat jamur berkembang biak. Pilihan lainnya adalah cat duco, merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Cat duco hadir dalam bermacam efek seperti glossy atau doff.

4. Desain
Soal pemilihan desain, jangan tergoda untuk mendesign kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit. Dalam menentukan Model, Anda harus tetap konsentrasi pada kebutuhan akan kitchen set tersebut.

Sekarang ini sangat banyak desain yang inovatif untuk model kitchen set, tapi kadang desain tersebut tidak bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Maka dari itu, sebelum menentukan tampilan, pastikan dulu seberapa luas dapur Anda, peralatan yang akan dipakai, aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di dapur dan sebagainya.

Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan keseluruhan tampilan rumah anda. Tentunya kurang cocok jika Anda membuat kitchen set model minimalis modern pada rumah dengan gaya klasik atau victorian.

5. Penempatan Peralatan
Utamakan menempatkan tools atau peralatan dapur anda yang penting-penting saja jika kitchen set Anda tidak terlalu besar. Semisal kompor gas dan lemari es. Sementara untuk dispenser atau microwave, bisa disesuaikan dengan besar-kecilnya ukuran kitchen set.
Model Kitchen set

Model Kitchen set

Model Kitchen set

Semoga beberapa tips ini bisa menginspirasi anda

Tag: Model kitchen set

0 comments

Post a Comment

.

FreeWebSubmission.com